Jumat, 07 Januari 2011

TIPS KESELAMATAN BERKENDARA RODA DUA/MOTOR


Keselamatan berkendara/ safetybuiltin.com
OK Bismillah

Yeah liburan akhir tahun sudah tiba…saatnya pulang kampong, gak ada duit buat taun baruan….mendingan bakar-bakar  ikan aja sama temen-temen kampong. Disini saya melihat banyak perubahan dimana yang tidak ada pada jamanku dulu (sekitar 6 tahunan yang lalu) sekarang sudah populer di desaku tercinta ini, dari dulu aku memang pecinta BALI (balapan liar), akan tetapi pada jamanku semua kegiatan balapan terkoordinir dengan rapi (ngebutnya hanya ditempat yang telah ditentukan…HARAM hukumnya ngebut dijalan kampong). Tidak seperti sekarang pemuda desaku sudah gak karuan, mabook, punk style (padahal sebenarnya mereka gak tau arti punk sebenarnya), ngebut di jalan kampong, dan sudah pasti tawuran. Looh kok jadi curhat masalah kampong halaman seh…..
Kita kembali ke topic lagi aja, sesuai dengan topic kita pada hari ini yaitu keselamatan kerja dalam mengendarai sepeda motor (Fersi saya tentunya), ingat tips saya ini tidak perlu anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari bila dinilai tips ini kurang benar menurut anda, karena kembali saya tekankan bahwa saya mengenyampingkan unsur idealis terhadap safety  dalam pembahasan mengenai safety dirumah. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kecelakaan dalam mengendarai sepeda motor. Berdasarkan pengalaman saya (terus terang penulis kurang-lebih 9 kali kecelakaan motor) kecelakaan motor dapat disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut :
1.Jalan licin
2.Pandangan terhalang
3.Pandangan terbatas
4.Hewan menyeberang
5.Mobil/ motor menyebrang
6.Emosi yang menyebabkan kurang konsentrasi
7.Kondisi tubuh yang kurang fit
8.Jalan yang tidak rata
9.Konsentrasi terganggu
Kita bahas sedikit-sedikit saja ya…males ngetiknya:

Point 1 Jalan licin
Saat pertama kali saya jatuh dari motor yaitu disebabkan karena kondisi jalan yang licin. Ciri-ciri jalan yang licin yaitu : jalan tanah yang berlumpur, jalan aspal/tanah yang permukaannya mengkilap bila terkena air, jalan yang banyak ditumbuhi lumut, jalan berumput (bila habis hujan) dan masih banyak cirri yang lainnya. Apabila saudara melewati jalan yang mirip dengan kondisi diatas sebaiknya anda:
1.Tingkatkan konsentrasi dalam mengemudi
2.Kurangi kecepatan
3.Perpanjang jarak pengereman/ jangan terlalu kuat menekan tuas rem karena akan menyebabkan roda   mudah terkunci
4.Gunakan rem belakang dan depan secara bersamaaan
5.Bila jalannya berupa tanah dengan medan yang menurun, sebaiknya anda menggunakan gigi porseneleng rendah (engine break) 
6.Sepelan dan sehati-hati mungkin apabila anda melintasi rel kereta api saat hujan, karena rel kereta api sangat licin bila terkena air (saya pernah mengalami kecelakaan direl)

Point 2 Pandangan terhalang
Saya pernah mengalami kecelakaan karena menghantam lobang dijalan karena pandangan terhalang saat terlalu dekat menguntit truk. Banyak factor yang dapat menyebabkan pandangan anda terhalang saat anda mengemudi misalnya: seperti kasus saya yaitu terhalang oleh kendaraan didepan saya, pandangan terhalang oleh pemasangan sticker yang berlebihan dikaca helm anda, pandangan anda terhalang oleh sinar matahari atau sinar lampu kendaraan lain yang lebih kuat dari sinar lampu motor anda, embun pernafasan yang menempel dikaca helem  dan factor-faktor lainnya. Tips dari saya untuk kasus ini yaitu :
1.Jangan menguntit kendaraan, terutama saat hujan, karena percikan lumpur dari kendaraan didepan kita bisa menempel di kaca helem dan hal ini lumayan menggangu.
2.Gunakan kaca helm yang sesuai, contoh bila anda akan melakukan perjalanan kearah barat pada sore hari sebaiknya gunakan kaca helm yang gelap.
3.Biasakan bepergian pada siang hari
4.Pastikan lampu motor anda terang
5.Jangan menempel stiker pada kaca helm secara berlebihan/pada posisi yang bisa menutup pandangan anda.
6.Biasanya embun dikaca helm terjadi karena sirkulasi udara pada helem tidak lancar lebih-lebih saat kita melalui tempat yang dingin atau hujan, untuk itu bukalah sedikit kaca helem anda bila kondisi sedang hujan atau dingin

Point 3 Pandangan terbatas
Pandangan terbatas berbeda dengan kasus pandangan terhalang, dimana pada kasus ini jarak pandang kita yang terbatas, terbatasnya jarak pandang dapat disebabkan oleh cuaca yang berkabut, hujan deras, menurunya kemapuan mata dan factor lainnya. Untuk menghindari kecelakaan karena terbatasnya jarak pandang yaitu :
1.Segera kurangi kecepatan anda apabila dirasa jarak pandang anda mulai berkurang (max 50 Km/H)
2.Tingkatkan konsentrasi anda dalam menyetir
3.Buka kaca helem anda (bila kaca helm yang anda gunakan bertipe gelap)
4.Lebih pelan lagi (max 30 Km/H) bila anda berkendara dijalan yang tidak anda kenal sebelumnya
5.Hidupkan lampu anda dan gunakan lampu tinggi
6.Bila dirasa jarak pandang anda kurang dari 5 meter sebaiknya anda berhenti (karena sangat sulit menghindari tabrakan/pengereman  mendadak  untuk jarak 5 m dalam kecepatan 30 Km/H).

Point 4 Hewan menyebrang
Saya pernah terjatuh dari motor gara-gara menabrak kucing yang menyeberang secara tiba-tiba, bahkan ada tetangga saya yang tewas karena menghindari anak sapi yang tiba-tiba menyeberang  jalan tanpa pamit, maklum rumah saya didesa penduduk mempunyai kebiasaan buruk yaitu melepaskan anak sapi berkeliaran dengan bebas. Pengendara sebaiknya lebih berhati-hati bila berkendara dimalam hari karena beberapa hewan yang sering menyeberang  jalan adalah hewan yang aktif dimalam hari, misalkan kucing, musang, trenggiling dan berang-berang. Sebaiknya anda lebih awas dan waspada apabila melewati daerah hutan, pinggir sungai, ladang atau bahkan di jalan perkampungan, karena didaerah tersebut mungkin ada hewan yang menyeberang secara tiba-tiba. Penyebab kecelakaan sebenarnya bukan hanya dari hewan yang menyeberang akan tetapi juga dari manusia (terutama balita) yang biasanya menyeberang jalan secara tiba-tiba.

Point 5 Mobil atau motor yang menyeberang
Jalan raya berisi pengemudi dengan bermacam-macam karakter, ada yang disiplin ada yang ugal-ugalan dalam membawa kendaraan mereka oleh karena itu anda harus selalu berhati-hati bila mengendaria sepeda motor dijalan raya. Sangat sering terjadi kecelakaan lalu lintas karena mobil/motor yang menyeberang atau berbalik arah tanpa memperhatikan sikon (situasi dan kondisi) lalu lintas, biasanya terjadi pada mobil angkutan umum antar kabupaten. Berikut beberapa tips dari saya untuk menghindari kecelakaan akibat tabrakan dengan mobil/motor menyeberang atau berbalik arah: 
1.Patuhi rambu-rambu lalulintas (terutama lampu merah)
2.Kurangi kecepatan anda apabila didepan anda melihat perempatan (max 50 km/jam)
3.Kurangi kecepatan anda apabila didepan anda ada mobil/motor yang mengambil ancang-ancang menyeberang, gunakan klakson untuk memberi tanda keberadaan anda.
4.Selalu curiga terhadap mobil/motor yang akan menyeberang, bahwa mereka akan menyeberang dengan sembarangan
5.Perhatikan lampu sign kendaraan didepan anda.

Point 6 Emosi yang menyebabkan kurangnya konsentrasi
Emosi seseorang bisa mempengaruhi kinerja otak seseorang, orang bisa berpikir cerdas kala dia emosi atau bahkan sebaliknya. Akan sangat berbahaya apabila anda mengendarai sepeda motor dalam kondisi emosi. Banyak factor yang bisa mempengaruhi tingkat emosi seseorang dalam berkendara misalnya : pertengkaran dirumah, tugas yang belum kelar, atau emosi yang desebabkan karena bertemu dengan pengendara lain yang mengebut dijalan. Apabila emosi kita tidak setabil akan menyebabkan kecenderungan melamun, atau kita akan balapan bila kita disalip oleh pengedara yang ugal-ugalan. Beberapa tips dari saya agar anda terhindar dari kecelakaan karena emosi :
1.Jangan mengemudi bila anda baru saja terlibat pertengkaran
2.Sebaiknya tenangkan pikiran anda sebelum anda mengendarai sepeda motor
3.Jangan pernah terpancing untuk ngebut apabila anda didahului oleh pengendara yang ugal-ugalan dijalan   (saya pernah mengalami kecelakaan karena kasus ini)
4.Apabila anda terpaksa berkendara dalam kondisi emosi sebaiknya pelan-pelan saja (max 40 km/jam)
5.Berdoalah sebelum berkendara.

Point 7 Kondisi tubuh yang kurang fit
Akan sangat berbahaya apabila anda berkendara dalam kondisi tubuh yang kurang fit misalkan pada malam harinya anda begadang, pada kondisi mengantuk saya sering tertidur saat berkendara hal ini saya rasa sangat berbahaya sehingga saya langsung mencari tempat yang nyaman untuk beristirahat dan segera tidur walaupun hanya 15 menit sudah cukup untuk mengobati kelelahan mata. Biasakan jangan begadang apabila anda akan bepergian jauh menggunakan sepeda motor, minumlah minuman yang mengadung kafein apabila anda merasa mengantuk misalkan kopi atau minuman energy lainnya, istirahatlah bila kondisi badan anda capek apabila butuh tidur maka tidurlah (hati-hati maling mengincar kendaraan anda). Jangan mengendarai sepeda motor apabila : anda sedang sakit, mengantuk atau kecapaian.

Point  8 kondisi jalan yang tidak rata
Sama halnya dengan jalan licin jalan tidak rata merupakan penyebab terjadinya kecelakaan, misalkan jalan yang bergelombang dan jalan yang berlobang. Berhati-hatilah bila berkendara disaat hujan, karena genangan air akan menyamarkan lobang-lobang yang ada dijalan. Akan sangat berbahaya bila kita menghantam lobang secara tiba-tiba, hal ini akan membuat kita terkejut dan kehilangan keseimbangan, lalu terjebam ke aspal.

Point 9 Konsentrasi terganggu
Saat anda berkendara aka ada banyak hal yang dapat menyebabkan konsentrasi anda mengganggu. Misalkan ada cewek di pinggir jalan, menggunakan handpone atau anda melihat barang bagus dipinggir jalan. Jangan sekali-kali anda ber SMS sambil menyetir karena hal ini akan sangat berbahaya, saya pernah menabrak taxsi dimana kecepatan motor saya hanya 30 Km/Jam, lucu sekali bukan…??? hal itu terjadi karena konsentrasi saya terganggu karena berSMSria sambil menyetir sepeda motor.
Semoga hal diatas bisa bermanfaat bagi anda semua, tulisan ini hanya berdasarkan opini dan pengamalan saya pribadi, jadi mohon maaf bila ada ketidak sesuaian dengan opini para pembaca.





Tidak ada komentar :

Posting Komentar