Minggu, 18 Desember 2011

TIPS KESELAMATAN SAAT TERJADI BADAI PETIR

Musim penghujan tentunya juga akan di ikuti oleh musim angin dan petir, dalam kondisi hujan lebat yang di iringi oleh petir dan angin besar sebaiknya anda tidak berada di luar ruangan. Berkumpul bersama keluarga merupakan hal terbaik yang dapat anda lakukan di saat itu. Akan tetapi bagaimana jika badai petir dan angin tiba-tiba datang saat anda dalam perjalanan, berolah raga diluar ruangan, atau sedang berada ditempat terbuka dimana disaat-saat itulah kita dalam kondisi yang sangat rentan terhadap bahaya yang dapat ditimbulkan oleh petir dan angin kencang. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat menjadi panduan bagi kita dan keluarga apabila berada dalam kondisi badai petir, karena beberapa tindakan dibawah ini dapat menyelamatkan anda saat terjadi badai petir.
badai petir / home.freeuk.net

Selalu waspada
  1. Pantaulah kondisi cuaca local dengan menggunakan media TV atau radio, hal ini dapat anda lakukan baik anda sedang berada dirumah atau sedang berkendara.
  2.  Kenali tanda-tanda Guntur dan petir mendekat dengan melihat bentuk awan yang menyerupai kembang kool dan menggantung, biasanya di iringi oleh suara Guntur yang bergemuruh dan kilatan cahaya petir yang bergantian, apabila anda melihat situasi ini segeralah anda mencari tempat berlindung jangan menunggu petir mengancam anda. Jika anda sedang mengemudi, usahakan hindari arah perjalanan menuju arah badai.
Mencari perlindungan
Sambaran petir dapat merabat dan melompat/
venturethere.com
  1. Saat petir mengancam, segeralah anda mencari tempat perlindungan, bangunan tertutup atau gedung adalah pilihan terbaik sebagai tempat perlindungan.
  2. Jika anda berada dalam mobil yang beratap (bukan kap terbuka), tetaplah tinggal di dalam mobil tersebut dengan kaca tertutup.
  3. Sebisa mungkin hindari tempat perlindungan yang tidak tertutup seluruhnya atau tempat perlindungan yang sempit.
  4. Posisi berlindung hendaknya beberapa meter dari jendela yang terbuka, tempat cuci piring, toilet, bak air, shower, kotak listrik dan peralatan lainnya. Karena petir dapat merambat melalui peralatan di atas dan melompat untuk mengenai orang-orang yang berada disekitarnya.
  5. Jangan mandi atau menggunakan shower saat terjadi badai petir.
  6. Hindari menggunakan telephone kabel, kecuali dalam kondisi yang sangat terpaksa, kerena apabila petir menyambar instalasi telephone petir dapat merambat melalui kabel telephone. Penggunaan Handphone lebih aman daripada menggunakan telephone kabel.
Jika anda terjebak diluar, karena anda tidak dapat mencapai gedung, mobil atau tempat berlindung yang aman, anda harus mengetahui langkah-langkah berikut ini untuk dapat menyelamatkan hidup anda.

Posisi jongkok menghindari sambaran petir/
connectmidmissouri.com
  1. Jika bulu kuduk anda atau rambut Anda berdiri ke atas, kemungkinan anda tersambar petir dapat saja terjadi. Untuk itu lakukan dengan Berjongkok di bola kaki Anda dengan kaki berdekatan. letakkan tangan Anda pada lutut dan turunkan kepala Anda. Lakukan serendah mungkin tanpa menyentuh tangan atau lutut ke tanah. JANGAN BERBARING ATAU REBAH DI TANAH..!
  2. Jika Anda berenang, memancing atau berperahu dan tiba-tiba ada awan, DISERTAI langit gelap dan dari jauh sudah terdengar bunyi bergemuruh Guntur atau kilatan petir, segera ke darat dan mencari tempat perlindungan.
  3. Jika Anda berada dalam perahu dan tidak bisa pergi ke bibir pantai, maka berjongkok-lah di tengah perahu
  4. Jika Anda berada di darat,temukan tempat yang rendah jauh dari pohon, pagar besi, pipa, atau benda-benda yang tinggi atau panjang
  5. Jika Anda berada di hutan, Carilah tempat areal tanaman atau pohon-pohon yang pendek. Kemudian jongkok dan jauh dari batang pohon.
Posisi menghindari petir /lightningsafety.noaa.gov

rambut berdiri/
stormtrack9.freedomblogging.com


Membantu seseorang yang disambar petir
Ketika seseorang tersambar petir, perlu untuk mendapatkan bantuan darurat medis sesegera mungkin. Jika lebih dari satu orang yang tersambar petir, pertama, Lakukan tindakan kepada korban yang masih sadar. Karena seseorang yang tersambar petir kemungkinan besar akan meninggal, tanpa denyut nadi atau tidak bernapas. Seringkali korban dapat ditolong dengan melakukan resusitasi Pertolongan atau tindakan bantuan pernapasan dari mulut ke mulut yang biasa disebut Cardio Pulmonary Resuscitation (CPR) /. Tidak ada bahaya bagi siapa saja membantu orang yang telah disambar petir - tidak ada muatan listrik pada korban. Dan CPR harus dicoba segera, Cidera lain yang biasnya terjadi akibat disambar petir adalah luka bakar, luka dan patah tulang. Segeralah mencari bantuan medis.

Resturasi Jantung Paru (RJP)/ 
gustinerz.com


Nah..beberapa tips di atas saya harapkan dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua, paling tidak akan menjadi pengetahuan tambahan yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa  kita ajarkan kepada keluarga dirumah. Di segmen selanjutnya saya akan sharing mengenai tips keselamatan saat terjadi angin kencang/ribut

Salam Safety Untuk Anda dan Keluarga Anda Dirumah

Sumber : G4S_HSE_employee_Notification_Weather warnings



3 komentar :

  1. informasinya bagus-bagus dan sangat bermanfaat, terima kasih

    BalasHapus
  2. Sebenarnya, untuk mengunci dan memusnahkan bahaya sambaran petir, dan bahaya badai petir sangat mudah.
    http://penggalangandanamencetakbukulangka.blogspot.com

    BalasHapus