Kamis, 16 April 2015

KESELAMATAN PESAWAT ANGKAT ANGKUT : FORKLIFT LOAD CENTER (LC)

Heeeem,…karena kesibukan kerja, dan kesibukan keluarga akibatnya blog ini sedikit terbengkalai, tapi ya sudah lah…mari kita sharing masalah K3 lagi...(cemungut nulis \o/ ) .Pada kesempatan kali ini saya mencoba menulis mengenai K3 Forklift khususnya mengenai cara membaca grafik load center (LC) yang biasanya ada di buku manual forklift atau di tempel pada forklift itu sendiri (berupa tag). Maaf sebelumnya…Mengingat saya belum expert dalam hal K3 forklift apabila ada masukan dari rekan-rekan sekalian monggo dipersilahkan…!
Animasi Load Center (LC)/ Center of Gravity Load (CG load)/ osha.gov
Dalam operasional forklift seringkali operator kurang memahami tentang  load center, biasanya dalam minset mereka adalah “ASAL TIDAK MELEBIHI SWL = AMAN” padahal dimensi dari beban juga berpengaruh loh dalam proses pengangkatan. Sebelum kita membahas lebih jauh sebaiknya kita ketahui dulu definsi dari load center dan kita kenali bagaian-bagian forklift.

nama-nama bagian forklift/ wikipedia.org
Hal ini penting di pahami oleh operator forklift untuk menjaga unit tetap stabil saat dioperasikan yang mana akan berpengaruh terhadap keselamatan operator ataupun barang yang dibawanya. Load center (LC) adalah  jarak horizontal dari permukaan depan vertical pada garpu ke pusat gravitasi beban, LC bisa juga disebut  pusat gravitasi beban (center of gravity load = CG Load), LC merupakan dasar untuk menentukan tingkat kapasitas beban pada forklift, biasanya untuk forklift kapasitas 1-3 ton LCnya ditetapkan 500 mm (tengah fork). Bisa dibilang LC dapat diwakili oleh bagain tengah beban dari depan ke belakang, hal tersebut mudah dihitung dengan mengukur dimensi beban yang akan dibawa. Nah kalo bentuk bebannya gak beraturan gimana…? Ya cari titik keseimbangannya disitulah load centernya…! Posisi load center Semakin dekat ke pusat gravitasi forklift maka forklift semakin stabil, Analoginya begini, kita menangkat gula 5 kg dengan cara di gendong (didekatkan ke perut) rasanya akan berbeda dengan kita mengangkat gula 5 kg namun di jauhkan dari perut

Semakin dekat dengan pusat gravitasi tubuh maka akan semakin ringan / osha.gov

Secara teori pusat gravitasi forklift tanpa membawa beban yaitu terdapat di bagian tengah forklift (dibawah cabin operator), pusat grafitasi forklift yang membawa beban (dengan load center berada di 500 mm) akan bergeser ke depan sedikit-demi sedikit sesuai dengan ketinggian angkat, pada ketinggian angkat maksimum pusat gravitasi akan berada tengah di sumbu roda depan, nah pusat gravitasi ini disebut pusat gravitasi gabungan (forklift center gravity + load center). Dalam kondisi tersebut forklift masih aman dioperasikan.

Pergeseran Combine CG saat proses pengangkatan/ liftright.net


Kesetabilan dan Center of Gravity (CG) / osha.gov
Lain halnya jika beban yang dibawa berbentuk lebih panjang, sehingga load center (LC) beban bergeser ke ujung frok, saat di angkat ke ketinggian maximum pusat gravitasi gabungan (combined Center of Gravity = Combined CG) akan bergeser ke depan  roda depan, nah hal inilah yang membuat forklift tidak stabil dan berbahaya. Forklift bisa nungging bila LC terlalu ke depan, begitu juga bila LC terlalu ke kanan atau ke kiri combined CG juga gakan bergeser ke kiri atau ke kanan akibatnya forklift bisa miring bahkan roboh, konon kata OSHA bila combined CG berada di luar segitiga merah (gambar diatas) tersebut menyebabkan forklift tidak setabil, Hal tersebut  bisa juga terjadi tanpa adanya proses pengankatan sampai ketinggian maximum.

Dimensi beban berpengaruh terhadap LC/ osha.gov

Proses jungkat-jungkit juga dapat mempengaruhi pergerseran LC beban meskipun tidak banyak, namun hal ini juga dapat mempengaruhi kesetabilan forklift terlebih saat membawa beban dengan berat sama dengan SWLnya (beban maximum)

Proses jungkat-jungkit beban juga berpengaruh terhadap pergerseran LC / osha.gov
Biasanya untuk mempermudah operator pabrikan forklift menyertakan curve load capacity pada buku manual atau dapat berupa tag yang di tempelkan di dash board forklift, kurva tersebut menjelaskan hubungan antara ketinggian angkat maximum, load center dan beban maximum yang boleh diangkat.
Curve load capacity/ komatsu.com

Contoh cara membaca curve load capacity (hanya sekedar contoh ngawur…hehe..hee)
Operator akan memindahkan barang ke ketinggian 4,5 meter, disana tersedia forklift dengan kapasitas 2 ton dengan ketinggian mast maximum 5 meter. Beban berupa balok kayu dengan dimensi PxLxT = 2 m X 1m X 0,5 m, berat balok tersebut 1,3 ton. Amankah proses pengankatan tersebut…?

Jawab

Diket:
Ketinggian angkat 4,5 m
Forklift : ketinggian angkat maximum 5 m, kapasitas 2 T
Beban : Balok kayu, PxLxT = 2m x 1m x 0,5 m, berat 1,3 T

Penyelesaian
  1. Meski tersedia forklift dengan ketinggian mast maximum 5 meter, dalam pembacaan kita hanya perlu melihat kurva dengan mast 4,5 meter, 
  2. Load center beban yaitu panjang beban dibagi dua, 2000/2 = 1000 mm

Baiklah mari kita baca kurva load center …


Dari pertemuan antara kurva mast 4,5 m dengan load center 1000 mm kita tarik garis ke kiri maka disitu akan didapat nilai 1000 kg,  jadi beban aman forklift dalam kondisi tersebut hanyalah 1 Ton, artinya proses pengankatan balok kayu ke ketinggian 4,5 m tidak aman karena berat balok kayu adalah 1,3 Ton









Nah sudah terjawab bukan,.. meskipun SWL forklift adalah 2 Ton namun dalam kondisi ini tidaklah aman mengangkat beban yang memiliki berat hanya 65% dari SWL.

"Salam Safety Untuk Anda dan Keluarga Anda Dirumah"

8 komentar :

  1. The information is to be utilized by a variety of equipment will be used employees so safety training importance of self awareness to avoid accident and it is of the at most importance that we keep everyone entering the job site safe and work.

    Regards
    fire and safety course in chennai
    Iosh course in chennai
    safety training in Chennai

    BalasHapus
  2. Bagaimana perhitungan membawa beban 2.5 ton di jalan menurun 45 derajat dengan kemiringan 15 derajat.batas max forklift 3 ton membawa barang di palet @20kg bertumpuk sebanyak 135 tumpuk x 20kg tinggi tumpukan 175cm lebar 150cm x 150 cm.by:supir forklift.

    BalasHapus
  3. Terimakasih P.Wawan sudah mampir di blog saya....
    Point pada kasus anda yaitu membawa beban pada jalan yang miring. Kapasitas forklift anda 3 Ton, Total beban yang anda bawa 2,7 Ton. Ini tidak perlu menggunakan grafik load center, anda hanya perlu berjalan mundur jika menuruni jalan tersebut dan usahakan garpu forklift serendah mungkin. Terimakasih semoga membantu

    BalasHapus
  4. That's interesting! Can you please share more about it? Thank you.


    Contact - First Aid Course

    BalasHapus
  5. Selamat siang, untuk forklift kapasitas 5-10 ton, bagaimana cara mengetahui/menentukan tinggi angkat?
    karena biasanya yang ada di load chart capacity hanya keterangan berat dan jarak center gravity saja. terimakasih

    BalasHapus
  6. Thanks a lot very much for the high quality and results-oriented help. I won’t think twice to endorse your blog post to anybody who wants and needs support about this area.
    nebosh course in chennai

    BalasHapus
  7. I wish to indicate because of you only to bail me out of this specific trouble. As a consequence of checking through the net and meeting systems that were not beneficial, I thought my life was finished.
    nebosh igc courses in chennai

    BalasHapus