Heeeem,…karena kesibukan kerja, dan kesibukan keluarga
akibatnya blog ini sedikit terbengkalai, tapi ya sudah lah…mari kita sharing
masalah K3 lagi...(cemungut nulis \o/ ) .Pada kesempatan kali ini saya mencoba
menulis mengenai K3 Forklift khususnya mengenai cara membaca grafik load center
(LC) yang biasanya ada di buku manual forklift atau di tempel pada forklift itu
sendiri (berupa tag). Maaf sebelumnya…Mengingat saya belum expert dalam hal K3 forklift
apabila ada masukan dari rekan-rekan sekalian monggo dipersilahkan…!
Animasi Load Center (LC)/ Center of Gravity Load (CG load)/ osha.gov |
Dalam operasional forklift seringkali operator
kurang memahami tentang load center,
biasanya dalam minset mereka adalah “ASAL TIDAK MELEBIHI SWL = AMAN” padahal
dimensi dari beban juga berpengaruh loh dalam proses pengangkatan. Sebelum kita
membahas lebih jauh sebaiknya kita ketahui dulu definsi dari load center dan
kita kenali bagaian-bagian forklift.
nama-nama bagian forklift/ wikipedia.org |
Hal ini penting di pahami oleh operator forklift
untuk menjaga unit tetap stabil saat dioperasikan yang mana akan berpengaruh
terhadap keselamatan operator ataupun barang yang dibawanya. Load center (LC)
adalah jarak horizontal dari permukaan
depan vertical pada garpu ke pusat gravitasi beban, LC bisa juga disebut pusat gravitasi beban (center of gravity load = CG Load), LC merupakan dasar untuk
menentukan tingkat kapasitas beban pada forklift, biasanya untuk forklift kapasitas
1-3 ton LCnya ditetapkan 500 mm (tengah fork). Bisa dibilang LC dapat diwakili
oleh bagain tengah beban dari depan ke belakang, hal tersebut mudah dihitung
dengan mengukur dimensi beban yang akan dibawa. Nah kalo bentuk bebannya gak
beraturan gimana…? Ya cari titik keseimbangannya disitulah load centernya…! Posisi load center Semakin dekat ke pusat gravitasi
forklift maka forklift semakin stabil, Analoginya begini, kita menangkat gula 5 kg
dengan cara di gendong (didekatkan ke perut) rasanya akan berbeda dengan kita
mengangkat gula 5 kg namun di jauhkan dari perut
Semakin dekat dengan pusat gravitasi tubuh maka akan semakin ringan / osha.gov |
Secara teori pusat gravitasi
forklift tanpa membawa beban yaitu terdapat di bagian tengah forklift (dibawah
cabin operator), pusat grafitasi forklift yang membawa beban (dengan load
center berada di 500 mm) akan bergeser ke depan sedikit-demi sedikit sesuai
dengan ketinggian angkat, pada ketinggian angkat maksimum pusat gravitasi akan
berada tengah di sumbu roda depan, nah pusat gravitasi ini disebut pusat
gravitasi gabungan (forklift center gravity + load center). Dalam kondisi
tersebut forklift masih aman dioperasikan.
Pergeseran Combine CG saat proses pengangkatan/ liftright.net |
Kesetabilan dan Center of Gravity (CG) / osha.gov |
Lain halnya jika beban yang dibawa berbentuk lebih
panjang, sehingga load center (LC) beban bergeser ke ujung frok, saat di angkat
ke ketinggian maximum pusat gravitasi gabungan (combined Center of Gravity = Combined CG) akan bergeser ke depan roda depan, nah hal inilah yang membuat
forklift tidak stabil dan berbahaya. Forklift bisa nungging bila LC terlalu ke
depan, begitu juga bila LC terlalu ke kanan atau ke kiri combined CG juga gakan
bergeser ke kiri atau ke kanan akibatnya forklift bisa miring bahkan roboh,
konon kata OSHA bila combined CG berada di luar segitiga merah (gambar diatas)
tersebut menyebabkan forklift tidak setabil, Hal tersebut bisa juga terjadi tanpa adanya proses
pengankatan sampai ketinggian maximum.
Dimensi beban berpengaruh terhadap LC/ osha.gov |
Proses jungkat-jungkit juga dapat mempengaruhi
pergerseran LC beban meskipun tidak banyak, namun hal ini juga dapat
mempengaruhi kesetabilan forklift terlebih saat membawa beban dengan berat sama
dengan SWLnya (beban maximum)
Proses jungkat-jungkit beban juga berpengaruh terhadap pergerseran LC / osha.gov |
Biasanya untuk mempermudah operator pabrikan
forklift menyertakan curve load capacity pada buku manual atau dapat berupa tag
yang di tempelkan di dash board forklift, kurva tersebut menjelaskan hubungan
antara ketinggian angkat maximum, load center dan beban maximum yang boleh
diangkat.
Curve load capacity/ komatsu.com |
Contoh cara membaca curve load capacity (hanya
sekedar contoh ngawur…hehe..hee)
Operator akan memindahkan barang ke ketinggian 4,5
meter, disana tersedia forklift dengan kapasitas 2 ton dengan ketinggian mast
maximum 5 meter. Beban berupa balok kayu dengan dimensi PxLxT = 2 m X 1m X 0,5
m, berat balok tersebut 1,3 ton. Amankah proses pengankatan tersebut…?
Jawab
Diket:
Ketinggian angkat 4,5 m
Forklift : ketinggian angkat maximum 5 m, kapasitas
2 T
Beban : Balok kayu, PxLxT = 2m x 1m x 0,5 m, berat
1,3 T
Penyelesaian
- Meski tersedia forklift dengan ketinggian mast maximum 5 meter, dalam pembacaan kita hanya perlu melihat kurva dengan mast 4,5 meter,
- Load center beban yaitu panjang beban dibagi dua, 2000/2 = 1000 mm
Baiklah mari kita baca kurva load center …
Dari pertemuan antara kurva mast 4,5 m dengan load
center 1000 mm kita tarik garis ke kiri maka disitu akan didapat nilai 1000
kg, jadi beban aman forklift dalam
kondisi tersebut hanyalah 1 Ton, artinya proses pengankatan balok kayu ke
ketinggian 4,5 m tidak aman karena berat balok kayu adalah 1,3 Ton
Nah sudah terjawab bukan,.. meskipun SWL forklift
adalah 2 Ton namun dalam kondisi ini tidaklah aman mengangkat beban yang memiliki berat hanya 65% dari SWL.
"Salam Safety Untuk Anda dan Keluarga Anda
Dirumah"
Thnks for sharing this information useful to all very nice .Overload is not good anything so make handle careful to avoided accident
BalasHapusIndustrial safety course in chennai
Industrial safety training in chennai
Industrial safety training institute in chennai
Industrial safety course in chennai
DIPLOMA IN Industrial safety course in chennai
The information is to be utilized by a variety of equipment will be used employees so safety training importance of self awareness to avoid accident and it is of the at most importance that we keep everyone entering the job site safe and work.
BalasHapusRegards
fire and safety course in chennai
Iosh course in chennai
safety training in Chennai
Bagaimana perhitungan membawa beban 2.5 ton di jalan menurun 45 derajat dengan kemiringan 15 derajat.batas max forklift 3 ton membawa barang di palet @20kg bertumpuk sebanyak 135 tumpuk x 20kg tinggi tumpukan 175cm lebar 150cm x 150 cm.by:supir forklift.
BalasHapusTerimakasih P.Wawan sudah mampir di blog saya....
BalasHapusPoint pada kasus anda yaitu membawa beban pada jalan yang miring. Kapasitas forklift anda 3 Ton, Total beban yang anda bawa 2,7 Ton. Ini tidak perlu menggunakan grafik load center, anda hanya perlu berjalan mundur jika menuruni jalan tersebut dan usahakan garpu forklift serendah mungkin. Terimakasih semoga membantu
That's interesting! Can you please share more about it? Thank you.
BalasHapusContact - First Aid Course
Selamat siang, untuk forklift kapasitas 5-10 ton, bagaimana cara mengetahui/menentukan tinggi angkat?
BalasHapuskarena biasanya yang ada di load chart capacity hanya keterangan berat dan jarak center gravity saja. terimakasih
Thanks a lot very much for the high quality and results-oriented help. I won’t think twice to endorse your blog post to anybody who wants and needs support about this area.
BalasHapusnebosh course in chennai
I wish to indicate because of you only to bail me out of this specific trouble. As a consequence of checking through the net and meeting systems that were not beneficial, I thought my life was finished.
BalasHapusnebosh igc courses in chennai