Jumat, 10 Juni 2011

CARA PENGGUNAAN DAN PERAWATAN RESPIRATOR/ MASKER


          Pada posting sebelumnya tentang respiratory protection / masker, saya sudah membahas mengenai metode pemilihan respiratory protection yang tepat untuk area kerja anda. Pada bahasan kali ini saya akan coba sharing mengenai cara menggunakan respiratory protection dengan tepat, dan juga mengenai perawatan respiratory protection. Karena akan sangat percuma apabila pemakaian dan perawatannya tidak tepat, contaminant udara akan tetap masuk dan mencemari tubuh kita yang akan menyebabkan kerusakan pada system pernafasan. Ingat PAK (Penyakit Akibat Kerja) akan terasa setelah kita terpapar dalam periode yang lama (bertahun-tahun), untuk itu diperlukan konsistensi penggunaan masker oleh para pekerja.
Sebagai contoh saya akan menggunakan jenis disposable masker standard yang umum dipakai di industry, yaitu masker yang berbentuk seperti mangkok (contoh Produk 3M seri 8234).Berikut ini langkah-langkah penggunaan respiratory protection/masker dengan tepat:      
  1. Bila diperlukan renggangkan terlebih dahulu tali masker menggunakan kedua tangan anda dengan cara menarik/merenggangkan pelan tali masker setiap 2 cm (lihat gambar 1)
  2. Pegang masker dengan posisi seperti gambar 2, dengan nose clip berada di depan
  3. Letakkan masker menutupi hidung dan mulut anda, aturlah posisi masker serapat dan senyaman mungkin sesuai dengan kontur wajah anda (lihat gambar 3)
  4. Tariklah tali masker pertama (atas), lalu masukkan ke kepala anda dan posisikan tali masker di mahkota kepala anda, tali masker melingkar melalui atas telinga anda (lihat gambar 4).
  5. Tariklah tali masker kedua (bawah), lalu maskukkan ke kepala anda dan tempatkan tali masker di pertemuan antara kepala dan leher anda, tali masker melingkar melalui bawah telinga anda (gambar 5)
  6. Pastikan tali tidak terpelintir.
  7. Rapatkan dan bentuklah nose clip sesuai dengan bentuk tulang hidung anda, dengan cara menekan nose clip di kedua sisi secara bersamaan menggunakan kedua tangan anda (gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk menekan nose clip), (lihat gambar 6)
  8. Peganglah talinya untuk melepaskan respirator/masker, upayakan tangan anda untuk tidak menyentuh respirator/masker yang anda pakai, karena kita tidak tahu contaminant apa yang menempel pada respirator anda.
           Penggunaan masker sesuai prosedur di atas belumlah cukup, untuk memastikan bahwa masker kita sudah terpakai dengan benar, maka kita harus melakukan cek kebocoran respiratory protection/masker setiap akan memasuki tempat kerja. Berikut cara melakukan cek kebocoran pada respiratory protection/masker :

Disposable respirator/masker
  1. Tutuplah respirator/ masker menggunakan kedua tangan anda.
  2. Hembuskan nafas (tekanan positif)
  3. Tarik nafas (tekanan negative)
  4. Rasakan apakah ada udara yang keluar dari sela-sela respirator/masker
  5. Jika ada kebocoran maka perbaiki posisi respirator atau ulangi pemakaiannya

Reusable respirator/masker
  1. Tutuplah filter/cartridge masker anda
  2. Hiruplah nafas (negative), rasakan apakah ada kebocoran dari sela-sela respirator/masker anda
  3. Tutuplah saluran pembuangan nafas pada masker anda
  4. Hembuskan nafas (positive), rasakan apakah ada kebocoran dari sela-sela respirator/masker anda
  5. Bila terjadi kebocoran maka kencangkan tali masker anda atau ulangi pemakaian masker

Umur respirator/masker
           Tidak ada satupun produsen respirator/masker yang memastikan masa pakai dari suatu respirator/masker, bahkan dengan penggunaan respirator/masker bertipe sama akan berbeda masa pakainya. Selama ini belum ditemukan teknologi yang bisa menjadi indicator jenuhnya/expired respirator. Untuk itu kita harus memahami hal-hal apa saja yang dapat mempengaruh masa pakai dari respirator dan apa saja tanda-tanda
respirator yang sudah jenuh dan Expired.

Adapun hal yang dapat mempengaruhi masa pakai respirator/masker adalah sebagai berikut:
  1. Tipe kontaminant yang ada
  2.  Besarnya konsentrasi kontaminant diudara
  3. Kelembapan udara
  4. Volume nafas pengguna

Tanda-tanda respirator memasuki masa jenuh/expired yaitu sebagai berikut:
Respirator untuk partikel (disposable respirator/masker)
  1. Bila menggunakan respirator/masker akan mengalami kesulitan bernafas.
  2. Secara fisik kondisi respirator/masker sudah rusak,sobek atau kotor
  3. Terasa pusing/sesak saat menggunakan respirator/masker
  4. Tercium bau bahan kimia ketika menggunakan respirator tersebut di kantor/ ruangan yang bebas bahan kimia
Apabila anda mengalami ketiga hal diatas maka dianjurkan bagi anda untuk segera keluar dari tempat kerja dan mengganti respirator/masker anda sebelum kembali bekerja.

Reusable Respirator untuk gas/uap bahan kimia dapat dikatakan jenuh apabila terdapat tanda-tanda seperti diatas atau anda dapat mencium bau bahan kimia ketika anda menggunakan respirator/masker tersebut (tembus), apabila anda mengalami hal tersebut maka segeralah keluar dari tempat kerja anda dan gantilah cartridge respirator/masker anda sebelum anda kembali bekerja.

           Harga respirator/masker memang mahal, alangkah bijaksananya apabila kita menghemat penggunaan respirator/masker namun tetap aman dan efektif dipakai. Untuk memperpanjang umur suatu respirator/masker maka diperlukan perawatan khusus terhadap respirator/masker anda, diantaranya adalah sebagai berikut :


Disposable respirator :
  1. Respirator ini tidak boleh dicuci dengan air.
  2. Tidak boleh disemprot dengan compressor
  3. Karena filter dari respirator/masker bersifat aktif (dapat mengikat kontaminant udara meski tidak dipakai), maka untuk penyimpanannya respirator harus ditaruh didalam plastic clip kedap udara.
  4. Dilarang menempatkan respirator/masker di tempat terbuka
Reusable respirator (dengan cartridge) :
  1. Lepaskan terlebih dahulu filter dan katub-katub yang ada di masker
  2. Cucilah menggunakan tisu yang dibasahi air atau dengan air yang mengalir, gunakan sabun yang ringan (sabun cuci tangan).
  3. Bila perlu gunakan sikat gigi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada masker.
  4. Lalu keringkan (jangan di jemur di panas matahari, akan tetapi cukup di angin-anginkan di tempat sejuk)
  5. Cek bagian-bagian yang rusak (cartridge, tali masker, gasper, katub dll) dan gantilah bila diperlukan
  6.  Rangkai kembali respirator anda
  7. Simpanlah respirator di dalam plastic clip kedap udara, lalu masukkan kedalam loker/almari 
          Ok… sudah capek ngetiknya sebaiknya di akhiri saja dulu. “Pada dasarnya semua pengguna APD sudah baik namun belum tentu efektif/ maksimal terlindungi” Efektivitas penggunaan APD tergatung dari 3P :
  1.  PEMILIHAN : Harus sesuai dengan bahaya yang ada di tempat kerja anda, hal ini merupakan kewajiban dari management perusahaan untuk menyediakan APD yang sesuai dengan bahaya yang ada di perusahaan
  2. PEMAKAIAN: Sesuai dengan petunjuk pemakaian dari produsen, ini merupakan tanggung jawab dari Supervisor dan para pekerja untuk menjelaskan cara pemakaian APD yang benar dan pengawasan konsitensi pemakaian.
  3. PERAWATAN: Cara membersihkan menyimpan dan merawat, merupakan tanggung jawab pekerja untuk melakukan perawatan terhadap APD yang dia pakai



Nah semoga artikel ini dapat membantu rekan-rekan semua dalam pengendalian/mengontrol APD khususnya penggunaan respiratory protection/masker. Sumber Artikel ini dari materi seminar yang dilaksanakan oleh 3M.


Salam K3, Bekti


2 komentar:

  1. Informasi maskernya keren pak,sya dpt info bru utk penecekan masker.terimaksih

    BalasHapus
  2. Terima kasih informasinya pak,izin copy

    BalasHapus